Minggu, 05 Januari 2014

Cara Membuat atau Daftar Email bari di Gmail atau Google Mail Terbaru 2013

Untuk memulai membuat blog atau daftar ke komunitas atau situs lain diperlukan alamat email. Saya pilih Gmail karena Gmail lebih simpel dan lebih cepat dibandingkan dengan account email yang lain serta memiliki kapasitas yang besar dalam melampirkan file hingga 25Mb. Gmail selain menyediakan fasilitas email juga memiliki fitur-fitur canggih yang lain seperti Google Talk, Google Drive, Google+ dll. Semua fasilitas itu bisa anda nikmati dengan gratis apabila anda sudah terdaftar atau sudah memiliki account Gmail.
Cara membuat email di Google ini sangat mudah sekali bahkan untuk para pemula pun kelihatannya tidak memerlukan penjelasan yang detail, cukup dengan coba - coba saja pasti langsung jadi. Artikel ini dibuat untuk bahan pengingat saja. untuk lebih jelasnya ikuti cara daftarnya sebagai berikut :

1. Buka Browser anda dan ketik https://www.google.co.id/

2. Klik Gmail pada pojok kanan atas browser anda

3. Klik Buat Akun / Create an account 


4. Isi biodata anda pada formulir ini

  • Name / Nama : Isikan nama depan ( First ) dan Nama belakang anda (Last). Milsanya pada kolom First : "ANDI" dan pada kolom Last "WIJAYA"
  • Choose Your Username / Pilih Nama Pengguna Anda : Isikan alamar email yang anda inginkan, tapi buatlah alamat email seunik mungkin supaya tidak ada yang menyamai. Gunakan gabungan huruf dan angka pada alamat email yang akan anda buat.
  • Create a password / Buat Sandi : Masukkan Password/Sandi yang anda inginkan, akan lebih baik jika password yang anda buat panjangnya lebih dari 8 karakter dan terdiri dari huruf dan angka.
  • Confirm Your Password / Konfirmasi Sandi Anda : masukkan ulang sandi yang telah anda buat tadi pada kolom ini 
  • Birthday / Tanggal Lahir : Pilih Bulan pada kolom "Month", Isikan Tanggal lahir anda pada kolom "Day" dan Isikan Tahun kelahiran anda pada kolom "Year"
  • Gender / Jenis Kelamin : Pilih jenis kelamin anda " Female, Male dan Other
  • Mobile Phone : Masukkan nomor ponsel / handphone anda
  • Your Current Email Address / Alamat email anda saat ini : Masukkan alamat email anda yang lain jika anda sudah punya email sebelumnya.
  • Prove You're not Robot / Buktikan Bahwa Anda Bukan Robot : pada kolom "Skip this verification" Jangan di Cheklist. kemudian masukkan kode yang tertera kedalam kolom "Type the Text:" yang ada seperti pada gambar dibawah ini yang berkolom merah. Pisahkan angka pada nomor 1 dan kolom nomor 2 dengan SPASI

  • Location / Lokasi : pilih lokasi atau negara anda
  • Cheklist "I agree to the goole terms of services and Privacy Policy.
  • Klik Next Step
5. langkah selajutnya Pasang / Upload Foto Profil anda dengan mengklik gambar yang berbentuk bulat atau klik "Add a photo" kemudia pilih foto anda dan klik upload. kemudian klik "Next Step".


6. Langkah pembuatan email anda sudah selesai dengan mengklik "Continue to Gmail". setelah mengklik tombol ini anda akan langsung masuk ke email anda yang baru.


7. Untuk keluar dari alamar email anda. Klik foto profil anda pada pojok kanan atas kemudian klik "Sign Out " atau klik "Keluar" maka anda akan langsung keluar dari halaman Gmail anda.

Langkah - langkah pembuatan email pada Gmail ini sewaktu - waktu bisa berubah tanpa pemberitahuan, akan tetapi pada prinsipnya akan tetap sama seperli langkah - langkah diatas.

Untuk selanjutnya kita akan membahasa cara mengirim email melalui Gmail yang akan saya posting dikemudian hari. semoga bermanfaat.... Jangan lupa comment ya....


0 komentar:

Posting Komentar