Rabu, 08 Januari 2014

Reset Canon IP2700 Error 5B00

Kemarin, saya lagi banyak kerjaan dikantor. Saya datang pagi-pagi sekali karena ada berkas yang harus dicetak dan harus segera dikirimkan. Makanya saya berangkat pagi - pagi sekali mungkin sekitar jam 06:30 WIB. Pas mau nyetak dokumen pake Printer Canon IP2700 tiba-tiba muncul pesan Error 5B00. Mungkin anda sudah bisa merasakan bagaimana perasaan saya waktu itu. sudah datang pagi-pagi, banyak berkas yang harus dicetak dan pas mau nyetak printernya error. wah... wah.... mimpi apa aku semalam ???????...!!!!. karena dituntut pekerjaan harus beres waktu itu juga, saya buka internet dan minta petunjuk pada MBAH GOOGLE (he... emangnya peramal). aku ketikkan keyword ERROR IP2700 5B00 dan ternyata banyak sekali software yang direkomendasikan oleh MBAH GOOGLE dan untungnya lagi ternyata bukan aku saja yang printernya rusak kayak begini. he...... 

Kemudian aku buka satu persatu Linknya dan baca petunjuknya ( kaya kamu lagi baca sekarang .... ) ternyata banyak yang merekomendasikan / memposting untuk menggunakan Resetter Services Tools IP2700 Versi 1074. Kemudian setelah dicoba ternyata hasilnya tidak seperti yang diharapkan. Berulang kali dicoba Softwarenya NOT RESPONDING dan cukup BUAT SAYA PUSING. Akhirnya aku cari2 lagi ternyata ada satu tool yang cukup bagus yaitu Canon Services Tool IP2700 V3400 yang bisa anda download melalui link dibawah Artikel ini.

adapun cara services nya Printer kamu harus dibuat dalam keadaan SERVICES MODE. adapun caranya sebagai berikut :
1. Printer kamu dalam keadaan OFF/mati, kabel listrik masih terpasang dan kabel USB PRINTER terpasang ke komputer
2. Tekan dan tahan tombol RESUME sampai LAMPU HIJAU MENYALA kemudian tekan dan tahan tombol POWER( saat menekan tombol POWER tombol RESUME nya jangan dilepas dulu )
3. tetap Tahan tombol POWER dan lepaskan tombol RESUME
4. Tekan tombol RESUME sebanyak 6x ( lampu LED akan menyala bergantian ORANGE-HIJAU.
5. dan kemudian lepaskan semua tombol 
6.  LED akan blingking sebentar kemudian akan menyala HIJAU
7. Komputer akan mendeteksi dan menginstall DEVICE baru Canon IP2700, tapi abaikan saja..... karena dengan terdeteksinya printer berarti printer CANON IP2700 anda sudah dalam keadaan SERVICES MODE dan SUDAH SIAP DIRESET.

Cara me-reset printernya :
1. Ekstrak program Service tool IP2700_v3400.rar (bisa anda download dibawah artikel ini)
2. Jalankan program dengan mengklik Service tool v3400.exe
3. Pada menu SET DESTINATION, pilih ASA kemudian Klik tombol SET disebelah kanannya
4. Pada menu CLEAR INK COUNTER pilih MAIN kemudian Klik tombol SET disebelah kanannya
5. Pada menu INK ABSORBER COUNTER pilih MAIN kemudian Klik tombol SET disebelah kanannya
 gambar klik
6. Pada menu PRINT klik EEPROM, maka printer akan mencetak 1 halaman
gambar klik
7. Matikan printer (mungkin anda perlu menekan tombol POWER 2x)
8. Hidupkan printer kembali dan Printer anda sudah siap diajak bekerja.
Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini :


Akhirnya, berkah bantuan dari MBAH GOOGLE printerku sudah bisa diajak kerja lagi sampai sekarang. TRIMS MBAH GOOGLE.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Trims, Softwarenya....

ableh mengatakan...

oke... trims

Posting Komentar